MAU TAU GIMANA ORANG BISA TERSINGGUNG DAN CURHAT SAMA KITA

Diantara kalian ada gak si yang pernah berpikir kalau terkadang apa yang kita utarakan itu belum tentu bisa diterima oleh orang lain? mungkin bahasa sekarangnya itu kadang ada orang yang meraasa tersinggung dengan omongan kita, nah terus apa yang kalian lakukan? apa mungkin kalian bakalan diam aja atau kalian bakal ngelakuin hal yang sama kayak aku, yaitu setelah berbicara kalau aku si bakalan minta maaf atau aku bakalan bilang "emm tadi pas gue ngomong elu tersinggung gak? gue minta maaf ya kalau selama tadi gue bicara kali-kali aja elu tersinggung"
Waktu itu aku sempet ngomongin tentang ini si sama temen aku, dan katanya ya emang ada beberapa orang yang sebodo amat alias gak pernah mikirin orang yang diajak bicara bakalan tersinggung atau kagak, dan emang ada juga sebagian orang yang sama kayak aku terus ada juga orangyang tau situasi kayak beberapa temen aku. Sebenernya ya tujuan aku tiap kali bicara sama orang atau berdiskusi sama orang dan pasti pada akhir pembicaraan aku selalu bilang gitu ya kembali lagi si karena aku tuh suka ngerasa kalau karakter dari omongan aku ya terkadang suka nyeplos gitu, ya walaupun sama orang yang udah lama kenal sama aku aja si, tapi gak jarang juga sama orang  yang baru juga aku emang suka gitu, nah jadilah aku yang lebih baik menjaga situasi aja deh. Lagian aku suka mikir aja si pasti suatu saat aku juga bakalan membutuhkan mereka dan mau itu orang yang udah lama aku kenal ataupun orang yang bar dan beberapa lama aku kenal, mmungkin kan dari situ juga aku ngerasa dan aku bisa belajar gimana cara menyesuaikan omongan aku dengan orang lain karenakan tidak semua orang itu nyaman sama kita. 
Nah terus gimana kalau ngasih tau ke orang yang lagi curhat sama kita? pertanyaan ini hampir sering aku dapatkan gengs, emmm caranya ya yang pertama dan yang pasti kita harus menjadi pendengar yang baik dulu buat dia, nah terus jangan cuma ngedengerin doang tapi kita juga kudu memahami apa yang lagi dia bicarakan apakah da cuma butuh didengerin doang, terus aakah tujuan dia cerita sama kita itu butuh solusi, dan apakah dia cerita dia itu cuma ngasal doang. Habis itu barulah kita bicara dan inget jangan pernah memotong pembicaraan orang yang lagi curhat sama kita, terus kalau aku si selalu ngasih pandangan atau pendapat dari dua sisi yang pertama sisi negatifnya dulu dan yang kedua sisi positifnya habis itu tinggal serahkan deh sama dianya sendiri gituuuu loooh setujukan? aku serahkan pada kalian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

antara ingin tahu tapi takingin tahu

Ungkapan