IKUTI KATA HATI KAMU MELALUI BAHASA INDONESIA



Pernah gak kalian berpikir tentang betapa sulitnya belajar bahasa Indonesia?
Mungkin kebanyakan diantara kalian pasti berpikir bahwa “kayaknya enggak deh, soalnya kan kita aja menggunakan bahasa Indonesia sehari-hari kan, ngapain juga harus merasa sulit?” Kalau kalian berpikiran kayak gitu itu salah besar, belajar bahasa Indonesia itu tidak semudah yang kalian bayangkan! Yaps jujur ya, pada awalnya aku sendiripun sempat berpikir bahwa belajar bahasa Indonesia itu gampanglah, ternyata tidak gengs! Ya mungkin karena aku emang udah suka nulis khususnya nulis puisi dari kecil, jadi aku sudah gak terlalu asing lagi dengan kata-kata yang bersifat puitis, bisa dibilang itu juga adalah hobi aku, nah makanya aku pengen banget kuliah di jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan alhamdulilah aku ketrima juga di salah satu Universitas di Bandung, Pada awalnya emang ada beberapa hal yang bikin aku terkejut sekaligus bangga dengan bahasa Indonesia, yang pertama kali aku temui di jurusan ini adalah dari awal banget kita sudah diajarkan untuk mengenal bahasa Indonesia dari Linguistik umum, lanjut ke ilmu Fonologi, terus lanjut lagi ke ilmu Morfologi, masih dilanjut lagih ke ilmu Sintaksis, belum cukup loh cuma memahami ilmu Sintaksis doing, lanjut ke ilmu semantic, dan masih lanjut lagi ke ilmu Pragmatik yang sekarang lagi aku jalankan dan akan berakhir kepada ilmu tentang Analisis Wacana Kritis. Nah itu baru sebagian aspek dalam kebahasaan loh gengs, masih banyak yang bisa kita gali lagih dan mungkin itu juga pada jenjang yang lebih tinggi.
Tapi aslinya gengs, kalau kita menjalani dengan hati dan keikhlasan itu semua bikin kita jadi lebih tahu mengenai unsur terdalam di bahasa kita sendiri gengs, dari unsur terkecil sampai ke unsur yang paling penting dan paling besar di bahasa Indonesia. Aku emang sengaja gak ngejelasin apa yang namanya ilmu Fonologi, Morfologi,Sintaksis, Semantik, Pragmatikdan Analisis Wacana Kritis, karena aku emang pengen aja bikin kalian penasaran dan kuliah deh dijurusan Pendidikan Bahasa dan Ssastra Indonesia, eh gengs, banyak loh makna-makna tersembunyi di ilmu bahasa, dan kita juga bisa tahu makna dibalik makna, hayoo penasaran gak, eh tapi aku gak bermaksud memaksa kalian juga ya, aku hanyalah seorang insan yang ingin berbagi ilmu dan informasi yang indah hahaha, ya gak salah juga kan untuk memajukan kembali bahasa Indonesia di generasi ini gengs, setidaknya supaya kita tahu bahasa Indonesia yang baik dan benar itu kayak gimana. setuju kan?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

antara ingin tahu tapi takingin tahu

Ungkapan